BAJIGUR MINUMAN KHAS JAWA BARAT

Photo by VISIT BANDUNG
Semua warga Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Bajigur. Temen nya Bandrek. Bajigur ini adalah minuman khas warga Bandung atau bahkan warga Jawa Barat. Aroma wanginya yang khas dan biasanya diminum ketika hangat ini menjadi minuman yang sangat nikmat jika diminum ketika cuaca sedang dingin atau turun hujan. Bajigur merupakan minuman yang terdiri dari air santan, jahe, kopi, vanili dan lain lain. Biasanya minuman bajigur ini ditambahkan kolang-kaling didalam minuman nya. Bajigur juga lebih nikmat jika diminum dengan didampingi pisang rebus, kacang atau putri noong. Jika kalian ingin membuat sendiri minuman tradisoonal ini, berikut adalah resep dan cara membuat nya :

Bahan-bahan
1. 700ml air santan kuliah
2. 160 gr gula merah
3. 20 gr gula pasir
4. 160 gr jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan
5. 4cm kayu manis
6. 1 lbr daun santan
7. 1/2 sdt garam
8. 1 sdm bubuk kopi
9. vanili
10. kolang-kaling secukupnya

Cara membuat
1. didihkan santan lalu campurkan gula merah, gula pasir, jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan, kayu manis dan daun pandan. aduk terus jangan sampai mengental.
2. kemudian masukan bubuk kopi dan garam. aduk rata. tunggu hingga kopi mengendap lalu saring
3. masukan bahan pelengkap yaitu kolang-kaling
4. Hidangkan ketika masih hangat.

Photo by VISIT BANDUNG

Jika kalian malas untuk membuat sendiri bajigur ini kalian bisa membelinya di pedagang kaki lima yang biasanya menjajakan nya dengan menggunakan gerobak. Selain bajigur pedagang tersebut biasanya juga menjual pisang rebus, ciu, putri noong, dll. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

 

About

REZA PUJAKUSUMAH
DIDIT MAULANA