ES GOYOBOD PENGHILANG DAHAGA KHAS BANDUNG

Photo by VISIT BANDUNG

Warga Bandung sudah pasti tidak asing lagi dengan nama minuman yang satu ini, minuman penghilang dahaga khas Bandung ini sangat nikmat dinikmati ketika siang hari, ketika udara panas sedang menyerang kota Bandung. Minuman segar yang satu ini sebenarnya adalah minuman tradisional khas dari Garut, hanya saja ketika masuk ke Bandung dan dilakukan sedikit inovasi oleh pedagang jadilah es goyobod khas Bandung ini. Memang cara membuat dan komposisinya tidak jauh berbeda dengan yang asli Garut. Es ini berbahan dasar santan, hampir mirip dengan es campur. Es ini dibuat dari es yang diserut ditambahkan jeli yang dibuat dari tepung hunkwe, ditambah potongan roti, susu kental manis, peuyeum Bandung, dan kadang ditambahkan serutan buah kelapa. Hunkwenya berbeda-beda cara membutanya, ada yang dibuat bulat-bulat, ada yang dipotong menjadi kotak-kotak. Kemudian diberi warna tentunya dengan pewarna makanan agar terlihat lebih menarik. Khususnya dibulan ramadhan, es goyobod ini sangat cocok untuk menjadi takjil saat waktu berbuka puasa. Es goyobod tidak sulit ditemukan di Bandung, karena biasanya es ini dijual di kaki lima. Namun untuk daerah Garut dan Tasikmalaya, es goyobod ini hanya dijual saat bulan puasa saja. Untuk anda yang ingin tau bahan dan cara membuatnya, berikut daftar bahan dan cara membuat sendiri es goyobod khas Bandung :

Photo by VISIT BANDUNG

Bahan-bahan :
1. 100 gram tepung hunkwe
2. 300 ml air
3. 50 gram kolang kaling, lalu iris tipis sesuai selera
4. 1 buah kepala parut untuk mebuat santan
5. 1 buah kepala muda
6. 75 gram tape (peuyeum dalam bahasa sunda) singkong, lalu potong sesuai selera
7. susu kental manis
8. es serut
9. 150 gram gula pasir yang sudah dicairkan, jika tidak suka terlalu manis tidak ditambahkan juga tidak apa-apa
10. sedikit garam

Cara membuat :
1. sirup : rebus air, lalu masukan gula dan garam, aduk hingga larut
2. goyobod : campur tapung hankwe dengan air, aduk hingga rata lalu panaskan sambil diaduk sampai kental dengan api kecil. jika sudah dirasa cukup matang, tuang ke dalam loyang dengan ketebalan 2cm, lalu diamkan hingga menjadi padat. Setelah berubah menjadi padat, keluarkan dari loyang lalu potong-potong sesuai dengan selera.
3. siapkan wadah untuk penyajian, masukan roti tawar, tape yang telah dipotong-potong, es kelapa muda yang telah diserut, goyobod, susu kental manis , kemudian siram dengan santan dan sirup gula tadi.
4. es goyobod pun siap untuk dinikmati.

Photo by VISIT BANDUNG

Demikian adalah cara untuk membuat es goyobod sendiri. Kita sebagai anak Indonesia tidak boleh melupakan makanan dan minuman tradisional asli dari negara kita, kita harus bisa melestarikannya agar tidak dilupakan suatu hari nanti. Selamat menikmati.


0 komentar:

Post a Comment

 

About

REZA PUJAKUSUMAH
DIDIT MAULANA