CILOK JAJANAN ASLI BANDUNG


Warga kota Bandung pasti sudah sangat mengenal makanan yang satu ini, jajanan asli Bandung ini dikonsumsi hampir semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun pasti suka dengan Cilok Bandung, diberi nama cilok karena sebenarnya cilok adalah sebuah singkatan yang berarti "aci dicolok". Aci dalam bahasa Indonesia adalah tepung Tapioka, tepung aci terbuat dari singkong yang sifatnya serupa dengan tepung sagu. Tepung aci sering dibuat untuk membuat makanan dan bahan perekat. Banyak bahan makanan tradisional yang menggunakan tepung aci sebagai bahan bakunya contohnya seperti makanan yang akan saya bahas ini "Cilok". Sruktur cilok adalah kenyal tapi tidak alot jika dipadukan dengan bumbu kacang yang agak pedas dan dimakan selagi hangat tentu akan nikmat sekali untuk dinikmati. Tapi untuk saat ini anda harus berhati-hati mengkonsumsi cilok yang dijual di sekolah atau dijual di pinggir jalan, karena sekarang banyak sekali oknum pedagang nakal yang sengaja membuat cilok dengan dicampur bahan-bahan yang berbahaya seperti, boraks, formalin, dan kadang juga dicampur daging tikus sebagi isi dari cilok tersebut. Namun jangan khawatir anda tidak akan mengkonsumsi bahan kimia berbahaya jika anda bisa membuat sendiri cilok ini dirumah dan cara membuatnya pun tidak sulit, berikut cara membuat cilok dari mulai bahan sampai cara membuatnya :

Bahan-bahan :
1. tepung terigu 200 gram
2. tepung aci (tapioka) sebanyak 200 gram
3. garam secukupnya
4. haluskan 2 siung bawang puting
5. merica bubuk seperempat sendok teh
6. kaldu ayam bubuk satu sendok teh
7. air bersih 400 ml
8. daun bawang secukupnya lalu iris tipis

Bahan untuk membuat saus kacang :
1. gula pasir satu sendok teh
2. cuka secukupnya saja, jangan terlalu asam
3. sangrai kacang tanah secukupnya saja sesuai jumlah cilok yang akan dibuat, kemudian haluskan
4. garam secukupnya
5. air secukupnya
6. cabai rawit jika ingin pedas secukupnya

Cara membuat cilok :
1.campurkan tepung tapioka dengan merica dan garam, aduk sampai rata
2. didihkan air dan campur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi dan air kaldu ayam bubuk, setelah mendidih dan tercampur semua lalu masukan tepung tapioka tadi
3. setelah menjadi adonan masukan tepung terigu
4. uleni adoanan hingga benar-benar kalis dan tidak terlalu lengket
5. betuk adonan menjadi bulatan bulatan dan masukan ke air yang mendidih
6. rebus cilok sampai matang dan biarkan sampai cilok mengambang, jika cilok sudah mengambang itu tandanya cilok sudah bisa diangkat

Cara membuat bumbu kacang :
1. ulek kacang tanah dengan cabai rawit sampai halus, jika ingin lebih lembut bisa menggunakan blender
2. kemudian tambahkan air, cuka, gula pasir, garam, dan aduk sampai adonan sedikit cair. masak sebentar dan terus aduk sampai rata.

Photo by VISIT BANDUNG
Jika cilok sudah mengambang angkat dan tiriskan, lalu hidangka dan siram dengan saus kacang yang sudah dibuat tadi. Cilok yang anda buat sendiri ini pasti akan lebih bersih dan sehat karena semua kebersihan dan bahan tergaja kualitasnya. Selamat menikmati.

0 komentar:

Post a Comment

 

About

REZA PUJAKUSUMAH
DIDIT MAULANA