RUJAK BUAH KHAS BANDUNG

Photo by VISIT BANDUNG

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, makanan yang terdiri dari potongan buah yang ditambahkan bumbu kental berbahan dasar kacang yang pedas ini tentunya sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Buah buahan yang terdiri buah jambu air, bengkuang, nanas, kedongdong, mangga, mentimun, pepaya dan lain lain dipadukan dengan bumbu kacang pedas manis asin dan gurih membuat rujak ini banyak diminati oleh warga Bandung, apalagi ketika kota Bandung sedang dibakar oleh panasnya terik cahaya matahari. harga nya pun relatif terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. rujak ini biasanya dibanderol dengan harga Rp. 5000
Rujak buah ini biasa dijajakan dengan sebuah gerobak oleh para pedagang kaki lima. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan pedagang rujak buah ini karena para pedagang biasa menjajakan nya dengan cara berkeliling. cara membuatnya terbilang mudah, berikut bahan bahan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan :
1. Buah jambu air
2. Buah bengkuang
3. Buah nanas
4. Buah mangga
5. Mentimun
6. Buah kedondong

Bumbu :
1. Kacang
2. Gula merah
3. Buah asem
4. Cabe rawit
5. Garam
6. Terasi bakar

Cara membuat :

1. Bersihkan buah dengan air bersih, kupas, lalu potong buah sesuai selera.
2. Panaskan wajan untuk menggoreng kacang tahan, namun jangan terlalu matang.
3. Campurkan kacang tanah, garam, buah asem, cabe rawit, terasi bakar, gula merah. Kemudian ulek ulek menjadi satu sampai halus, dan tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental.
4. Masukan buah kedalam bumbu yang telah dihaluskan tadi lalu campurkan sampai merata hingga tercapur antara buah dengan bumbu.

Jika anda ke kota Bandung rasanya kurang pas jika tidak mencoba rujak buah yang segar ini, anda tidak akan kesulitan untuk mencari penjual rujak buah dikota Bandung. Selamat menikmati.



0 komentar:

Post a Comment

 

About

REZA PUJAKUSUMAH
DIDIT MAULANA