PERSIB BANDUNG TIM TERBAIK INDONESIA


Persib Bandung adalah salah satu tim sepakbola terbaik di Indonesia saat ini. Persib Bandung sudah menjuarai dua kali liga Indonesia, yang pertama tahun 1995 kala itu adalah tahun pertama diadakan liga Indonesia dan yang kedua pada tahun 2014 lalu. Tidak berhenti sampai situ,tahun 2015 saat sepakbola Indonesia sedang kena sanksi oleh FIFA, Menpora mengadakan kompetisi untuk mengisi kekosongan kompetisi liga Indonesia yang diberi nama Piala Presiden dan tim kebanggaan kota Bandung dan Jawa Barat ini berhasil menjuarai Piala Presiden dengan mengalahkan Sriwijaya FC 2-0. Selain menjuarai dua kali Liga Indonesia dan Piala Presiden, Persib Bandung yang saat ini dilatih oleh Djadjang Nurjaman dalam tahun 2014 juga telah menjuarai beberapa turnamen kecil seperti Piala Wali Kota Padang dan Piala Celebes Cup. Total untuk kurun waktu dari 2014-2015 Persib Bandung sudah memenangkan empat trofi, prestasi ini adalah bukti bahwa Persib Bandung saat ini adalah klub profesional terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

Sejarah Persib Bandung

Sebelum lahir nama Persib Bandung, pada tahun 1923 di kota Bandung berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB). BIVB merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu. Tercatat sebagai ketua umum BIVB pada masa itu adalah Syamsudin yang kemudian diteruskan oleh putra pejuang wanita Dewi Sartika, yakni i R.Atot.
BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan bernama Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetbal Bond (NVB). Pada 14 Maret 1933 dua klub tersebut sepakat melebur dan lahirlah perkumpulan baru yang bernama Persib yang kemudian memilih Anwar St.Pamoentjak sebagai ketua umum. Klub - klub yang bergabung ke dalam Persib adalah SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi. Setelah tiga kali mengikuti Kompetisi Perserikatan 1933 (Surabaya), 1934 (Bandung), dan 1936 (Solo), Persib mengawali juara pada tahun 1936 di Solo.

Setelah Indonesia merdeka, prestasi Persib kembali berjaya pada tahun 1955-1957. Munculnya nama Aang Winarsa dan Ade Dana yang menjadi wakil Persib untuk membela Timnas Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Melbourne 1956. Pada ajang itu, tim nasional Indonesia berhasil menahan imbang Uni Soviet sehingga memaksa pertandingan ulang yang berujung kekalahan Indonesia dengan skor telak 4-0.

Persib makin disegani. Pada tahun 1961 tim kebanggaan jawa barat itu meraih juara untuk kedua kalinya setelah berhasil mengalahkan PSM Ujung Pandang. Karena prestasinya itu Persib ditunjuk oleh PSSI untuk mengikuti kompetisi yang digelar di Pakistan "Piala Aga Khan" pada tahun 1962. Setelah itu prestasi Persib mengalami pasang surut. Prestasi terbaik Persib di Kompetisi Perserikatan meraih posisi runner up pada tahun 1966 setelah kalah dari PSM di Jakarta.

Tahun 1995 pada liga Indonesia pertama Perib berhasil menjuarai setelah berhasil mengalahkan Petrokimia Gresik, namun sejak saat itu prestasi Persib menurun hingga berpuasa gelar selama 19 tahun. Akhirnya pada tahun 2014 Persib berhasil menuntaskan puasa gelar mereka dengan menjuarai Liga Indonesia untuk ke dua kalinya. Pada tahun 2015 Persib kembali membuat bangga para bobotoh dengan menjadi juara pertama Piala Presiden 2015.

Photo konvoi Bobotoh ketika Persib menjadi Juara Piala Presiden


Sumber : http://www.persib.co.id/berita-persib-bandung/sejarah-klub


0 komentar:

Post a Comment

 

About

REZA PUJAKUSUMAH
DIDIT MAULANA